Cara Setting SMTP Email Untuk WooCommerce

Sebagai praktisi WooCommerce kami sangat menyarankan penggunaan SMTP untuk pengiriman email, meskipun sudah ada mailer bawaan WordPress atau PHP tapi masih kurang kalau belum pakai SMTP.
Pengalaman kami sewaktu mengelola GIMORI.COM, email tanpa SMTP masuknya telat bisa lebih dari 6 jam (Gmail), masuk Spam Gmail pernah, bahkan pernah juga ditolak Yahoo, sama sekali tidak ada email masuk, bahkan dicari di folder spam pun tak ada.
Waktu itu sementara diatasi dengan mailer pihak ketiga (Sendgrid dan Postmark). Kedua layanan ini sangat bagus, namun pasti ada batasnya jika pakai versi gratisan.
Untuk itu sebelum email transaksimu masuk ke folder Spam, kena delay atau bahkan ditolak Yahoo! seperti yang kami alami, sebaiknya persiapkan SMTP email dari awal pembuatan Toko Online WooCommerce.
Seperti yang kami lakukan dalam membuat website KIOSTA ini, sudah memakai SMTP dari awal, silahkan ditest saat registrasi maupun order.

Cara Setting SMTP Mailer untuk WooCommerce

Buat Akun Email Sesuai Domain

Kami membuat noreply@kiosta.com untuk pengiriman email, itu terserah masing-masing.

Buka cPanel>Email>Email Account> Buatlah akun email.
Jika sudah punya, skip langkah ini

Jika sudah, klik tab Accoun, pilih menu Access Webmail di sebelah kanan

Scroll ke bawah dan lihat pengaturan server email, data inilah yang akan kita gunakan untuk otentikasi email di dalam WordPress

Install Plugin SMTP
Buka Dashboard WordPress>Plugin>Add-New lalu ketik SMTP

Ada banyak pilihan plugin SMTP, anda bisa memilih manapun yang anda suka, kami sendiri memilih plugin ini:

Aktifkan plugin dan hubungkan plugin SMTP dengan data email yang sudah dibuat sebelumnya.

Selesai

Amri MF

Praktisi internet marketing, dari tahun 2009 sampai sekarang, awalnya terjun di dunia Blogging dengan AdSense sebagai sarana mencari uang online, namun sejak 2015 lebih fokus berjualan online dengan WooCommerce
Avatar for Amri MF