Platform Toko Online yang Populer di Indonesia



Ada banyak sekali pilihan dalam membuat toko online sendiri, pada artikel ini kami akan mebahas tentang platform toko online apa saja yang populer untuk pasar Indonesia.
Maksud platform yaitu sistem, bukan marketplace seperti Shopee, Lazada atau Tokopedia. Dengan platform inilah kita bisa membuat toko online sendiri dengan domain sendiri.

Dengan adanya platform e-commerce, kita tidak perlu belajar coding, tidak perlu menulis codenya dari nol. Jadi kita bisa fokus pengembangan dan tentu saja jualan.

Apa saja platform e-commerce yang populer untuk pasar Indonesia, kita mulai dari Hosted Platform.

Hosted Platform

Yaitu platform yang sudah jalan tanpa harus kita install sendiri pada web server. Dengan platform ini kita tidak perlu mengurus masalah teknis seperti hosting, coding dll.
Beberapa yang populer antara lain.

Shopify

Platform untuk e-commerce yang siap untuk skala besar. Beberapa brand besar ada yang menggunakan platform ini. Harganya lumayan untuk pemula, tapi sebanding dengan kualitas, apalagi jika toko onlinemu mulai ramai.

Berikut harga bulana shopify:
Shopify Pricing

Menurut data dari Datanyze, inilah statistik pengguna Shopify.
Shopify Market Share Indonesia
Sumber data: https://www.datanyze.com/market-share/e-commerce-platforms–6/Indonesia/shopify-market-share

Berdu.id

Platform ini begitu populer terutama untuk kalangan advertiser FB Ads. Dengan banyak fitur yang cocok untuk pasar Indonesia, diantaranya: sistem pembayaran dan pengiriman Indonesia.
Harganya pun jauh lebih murah daripada Shopify, bahkan ada gratis untuk 14 hari.

Orderonline.id

Hampir sama dengan Berdu, layanan ini juga tak jauh beda. Perbedaanya hanya Pricingnya, OrderOnline sistem pembayarannya tiap 6 bulan atau 12 bulan. Harga termurahnya 390.000/6 bulan atau Rp. 65.000 per bulan.

Self Hosted Platform

Dengan platform ini, kita harus menggunakan layanan hosting sendiri. Platform self hosted umumnya bersifat open source dan gratis. Jadi biaya yang kita keluarkan untuk jualan online menggunakan platform ini adalah sewa hosting dan domain, itu tergantung budget, bahkan yang gratis juga ada.

Inilah daftar platform Hosted E-Commerce.

OpenCart

Platform e-commerce gratis yang cukup populer, sudah ada sejak 2002.

Prestashop

Pengembang plugin Indonesia untuk platform ini cukup banyak, platformnya sendiri gratis, tapi untuk modul pengiriman dan pembayaran Indonesia umumnya berbayar.

Magento

Banyak yang bilang fitur Magento ini paling lengkap, tapi tentu saja butuh waktu lebih banyak untuk belajar dan mengoperasikannya.

WooCommerce

Berbeda dengan yang lain yang merupakan platform khusus toko online. WooCommerce adalah plugin WordPress, namun sesuai data marketshare justru yang paling banyak penggunanya adalah WooCommerce.

Top Global Ecommerce Market Share

Untuk pasar Indonesia, yang paling cocok menurut kami juga WooCommerce. Banyak sekali theme dan plugin pendukung dari yang gratis sampai yang berbayar.


Masih banyak platform yang lain, tapi mungkin kurang populer. Juga bisa jadi susah untuk pasar Indonesia. Seperti yang kita tahu, jika kita menjual produk untuk pasar Indonesia, tentunya butuh fitur pendukung untuk Indonesia pula, seperti: Pengiriman, pembayaran dll.

Jika tak mau repot, gunakan layanan hosted seperti shopify/berdu. Shopify lebih cocok untuk skala besar dan jangka waktu yang lebih lama, sedangkan berdu dan orderonline umumnya untuk jangka pendek dan dominan penggunanya adalah praktisi jualan langsung dengan Facebook Ads.

Tapi jika ingin full akses, atau memulai dengan biaya minim. Platform self hosted mungkin lebih cocok. Kalau kami sendiri menggunakan WooCommerce, selain user friendly juga karena fitur pendukungnya juga tersedia.
Jika belum pernah menggunakan WooCommerce, anda juga bisa mempelajarinya secara gratis dengan Panduan WooCommerce dari kami.

Theme Toko Online WooCommerce

KIOSTA adalah pengembang theme toko online dengan WordPress+WooCommerce.

Kami membuat theme berdasarkan ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan saat berjualan online dengan WordPress dan WooCommerce.
Tips, tutorial dan panduan lainnya juga kami sajikan agar semuanya bisa belajar mengelola toko online.