Cara Setting Email WooCommerce

Pengaturan Email WooCommerce

Agar email yang dikirimkan oleh sistem WooCommerce, kita harus mengubah pengaturan agar sesuai dengan kebutuhan toko kita, untuk itu simak cara setting email di WooCommerce pada tutorial berikut ini.

Secara umum, sistem WooCommerce akan mengirimkan email jika ada yang membeli atau ada yang mendaftar, baik ke pemilik toko maupun kepada pembeli. Tapi email bawaan ini tentunya sesuai template umum WooCommerce, kita bisa melakukan pengaturan agar lebih sesuai dengan toko kita. Untuk itu kami akan membahas tentang cara setting email WooCommerce untuk beberapa poin.

Pengaturan Email di WooCommerce

Setting email di platform WooCommerce ini kami buat untuk beberapa poin, dari yang umum sampai yang spesifik, kita mulai dengan pengaturan umum.

Pengaturan Umum

Secara umum, email di WooCommerce bisa kita setting di pengaturan email WooCommerce yaitu:
– Buka Dashboard WordPress
– Buka Menu WooCommerce > Setting
– Kemudian pilih tab Email

Pengaturan Email

Di halaman ini kita bisa memilih, email mana yang akan dikirim, alamat email dan nama pengirim, serta logo dan warna email.

Pilihan Pengirim Email

Scroll ke bawah pengaturan umum, yang harus diisi adalah nama pengirim dan email pengirim.
Pengirim Email
Untuk kolom nama, silahkan isi dengan nama toko atau nama lain yang sesuai, contoh: Kiosta Commerce, CS Kiosta, Admin Kiosta, Kiosta Support.
Di kolom email, gunakan email dengan domain yang sama dengan toko kita.

Template Email

Pada bagian ini kita bisa mengatur warna, gambar header email, serta teks yang ada di bagian bawah.
Anda bisa menambahkan logo toko online di atas email, saran kami gunakan warna yang sama dengan warna Brand toko online anda.
warna-email

Kelola Pemberitahuan Email

Fitur ini memungkinkan kita untuk mengaktifkan pengiriman email, judul email, dan pesan tambahan dari email yang kita kirim.
Untuk mengelola email silahkan pilih jenis notifikasi email, kemudian klik pada jenis email atau klik tombol kelola di sebelah kanan, seperti pada gambar berikut ini:

Kelola Email

Akan terbuka pengaturan email notifikasi seperti ini:
Pengaturan Notifikasi

Penjelasan setiap poin:
Aktifkan/Nonaktifkan: Untuk mengatur email jenis ini akan dikirim atau tidak.
Judul: Judul pesan email yang dibaca oleh pembeli
Judul E-mail: Judul di dalam pesan email (headline)
Konten Tambahan: Tulisan tambahan di bawah isi email utama.

Untuk mengisi bagian ini kita bisa menggunakan Dynamic Variable, yaitu syntax khusus yang akan berubah secara dinamis sesuai isi pesan yang berlaku. Seperti contoh di atas pada kolom Konten Tambahan berisi pesan: “Terima kasih telah menggunakan {site_url}!”, namun yang akan diterima oleh pelanggan adalah: “Terima kasih telah menggunakan https://www.kiosta.com!”.

Ada lima variable dinamis yang bisa kita gunakan untuk notifikasi email ini yaitu:

VariableKeteranganContoh Hasil
{site_title}Judul Situs WebKiostaCommerce
{site_address}Alamat Webhttps://www.kiosta.com/
{site_url}URL Situs Webhttps://www.kiosta.com/
{order_date}Tanggal Pesanan10 Desember 2020
{order_number}Nomor Pesanan5986

Pengaturan ini tidak mengubah konten email utama, tapi sudah cukup jika toko online anda bersifat umum. Berbeda jika toko online anda menjual barang yang tidak biasa, contohnya: GIMORI.COM yang menjual lisensi game tanpa barang fisik, harus ada penyesuaian isi email. Untuk mengubah isi email, diperlukan pengaturan tingkat lanjut, namun kami bahas di bab berikutnya.

Pengaturan Tingkat Lanjut

Jika anda tidak puas dengan pengaturan umum WooCommerce, anda bisa memodifikasi file template email, lebih tepatnya membuat salinan template, namun cara ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, pengaturan ini memodifikasi kode PHP yang ada.

Custom Email Template

Ini adalah lanjutan dari pengaturan email pemberitahuan, yang sudah kami bahas di atas. Selain mengisi form email pemberitahuan, kita juga bisa memodifikasi template HTML, caranya seperti mengelola email pemberitahuan yaitu:

Pilih jenis notifikasi email, kemudian klik pada jenis email atau klik tombol kelola di sebelah kanan, seperti pada gambar berikut ini:

Kelola Email

Setelah masuk ke halaman tersebut, pilih tombol yang ada di kanan bawah.
Salin berkas tema

Dengan menekan tombol Salin Berkas Tema, kita telah menyalin file template email yang ada di direktori Plugin WooCommerce ke direktori Tema WordPress yang saat ini kita pakai. Jadi ini tidak memodifikasi file plugin aslinya. Setelah kita menekan tombol dan file sudah tersalin, silahkan klik tombol , tampilannya akan seperti ini:

email php

Kita bisa menambah atau mengurangi konten yang ada, pastikan kode PHPnya tidak ada yang error sebelum menyimpan perubahan.