Cara Mengatur Tampilan WooCommerce

WooCommerce platform khusus toko online seperti OpenCart maupun PrestaShop, juga tampilan website kita tidak akan berubah ketika menginstall WooCommerce. Untuk itu kita harus mengatur tampilan WooCommerce agar sesuai dengan apa yang kita inginkan.

2 Cara Mengatur Tampilan WooCommerce

Ada dua cara dalam mengatur tampilan WooCommerce yaitu dengan cara mengganti tema atau dengan melakukan kustomisasi tema. Mari kita mulai dengan mengganti Tema/Theme.

Mengganti Theme WordPress

Theme bawaan WordPress menurut kami kurang cocok untuk jualan online, namun lebih cocok untuk dijadikan blog pada umumnya. Untuk itu saran kami gunakan theme yang khusus dibuat untuk jualan online, tentunya yang kompatibel dengan WooCommerce.

Install Theme dari Repository WordPress

Di dalam WordPress sendiri ada ribuan theme gratis yang bisa langsung kita install, cukup dengan beberapa langkah yaitu:
– Buka Dashboard WordPress
– Buka Menu Tampilan /Appearance
– Buka sub-menu Themes
– Kemudian klik menu Add New atau Tambah Baru

Tampilannya akan seperti ini.
Add theme

Silahkan pilih theme yang menurut anda cocok untuk tampilan toko online WooCommerce anda. Jika sudah silahkan pilih menu Install dan Aktifkan.
install theme

Install Theme dari Luar WordPress

Jika kurang cocok dengan theme gratisan dari WordPress, anda bisa mengunduh atau membeli theme dari tempat lain. Bisa juga dari Kiosta Commerce, kami juga menyediakan Theme WooCommerce dari mulai yang gratis sampai yang berbayar, silahkan pilih themenya di sini.

Cara install theme dari luar WordPress ini hampir sama, bedanya ada satu langkah lagi yaitu harus upload file theme yang berformat .zip, caranya yaitu:

– Buka Dashboard WordPress
– Buka Menu Tampilan /Appearance
– Buka sub-menu Themes
– Kemudian klik menu Add New atau Tambah Baru
– Klik menu Unggah Tema atau Upload Theme
upload theme

Pilih file zip dari komputer anda.
pilih file

Kemudian aktifkaan theme dan selesai.


Pembahasan tentang mengganti theme sepertinya sudah cukup, kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya yaitu kustomisasi tema.

Kustomisasi Tampilan WordPress

Setelah menemukan theme dan mengganti theme bawaan WordPress dengan theme yang kita inginkan, selanjutnya kita bisa menyesuaikan tampilannya sesuai dengan yang kita inginkan.
Kita bisa mengatur tampilan toko online kita dengan Customizer, yaitu fitur bawaan WordPress untuk kustomisasi tampilan yang bisa dilihat langsung hasilnya.

Caranya yaitu:
Buka Dashboard
Buka Menu Appearance>Customize atau dalam bahasa indonesia menunya bernama Tampilan>Sesuaikan.
Customize

Dengan Customiza, kita bisa mengatur banyak hal, misalnya Logo, ukuran gambar, jumlah produk yang ditampilkan dan, lain sebagainya.
INFO: Setiap theme mungkin berbeda pengaturannya, setiap pengembang theme bisa menambahkan fitur khusus pada customize ini.
Misalnya pada theme Kanvas dari Kiosta Commerce, ada pengaturan untuk mengatur gradasi di Homepage, ini tidak ada di theme lain.
Berikut contoh tampilan Customize di theme Kanvas.
kanvas cuztomize


Mengatur tampilan toko online berbasis WooCommerce sangatlah mudah, apabila anda familiar dengan WordPress, tentu akan sangat mudah dalam mengelola WooCommerce. Untuk tutorial lainnya, silahkan gunakan kolom pencarian yang ada di Website ini, kami tidak sekedar membuat Theme khusus toko online, tapi juga membuat tutorial dan plugin gratis untuk membantu mengoptimalkan toko online anda.