Membuat Website Marketplace dengan WooCommerce

Ada beberapa cara untuk membuat website marketplace dengan WordPress+WooCommerce, cara yang kami maksud yaitu dengan menggunakan plugin tambahan. Dengan plugin tambahan ini, kita bisa membuat toko online dengan banyak penjual, dimana pengunjung bisa mendaftar sebagai penjual atau pembeli, tak jauh beda dengan marketplace umumnya seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dll.

Ilustrasi Marketplace

Pilihan WooCommerce Marketplace Plugin

WooCommerce tanpa plugin hanya bisa dipakai untuk satu toko alias tidak bisa multi vendor, jadi untuk membuat toko seperti marketplace pada umumnya, kita membutuhkan plugin WordPress tambahan, berikut rekomendasi plugin yang sering dipakai untuk membuat website marketplace dengan WordPress.

Sebelum memutuskan akan memilih yang mana, mari kita lihat beberapa opsi yang bisa kita pilih, inilah 5 plugin yang bisa kita install untuk membuat website marketplace seperti Shopee dan tokopedia.

Dokan Marketplace

Dokan – Best WooCommerce Multivendor Marketplace Solution – Build Your Own Amazon, eBay, Etsy
woocommerce marketplace plugin free
Adalah plugin paling populer dalam membuat marketplace, dengan jumlah install terbanyak daripada yang lain. Ada 50.000+ website yang menggunakan plugin ini menurut statistik WordPress.org, kekurangannya ratingnya tidak terlalu bagus juga dibandingkan dengan yang lain. Dokan mendapat rating 4.5 bintang di WordPress.org, sementara yang lainnya mendekati 5 bintang.

WCFM Marketplace

WCFM Marketplace – Best Multivendor Marketplace for WooCommerce
WCFM Marketplace
Plugin WooCommerce multivendor yang satu ini terinstall lebih dari 30.000 website, tapi mendapat rating yang lebih baik dari Dokan Marketplace.

WC Marketplace (WCMP)

Best WooCommerce Multivendor Marketplace Solution – WC Marketplace
WC Marketplace
Sama seperti WCFM, plugin pasar daring ini juga mendapat bintang lima, namun popularitasnya masih jauh jika dibandingkan dengan Dokan maupun WCFM. WC Marketplace saat ini hanya digunakan oleh 9000+ website.

WC Vendors

WC Vendors Marketplace – The WooCommerce Multivendor Marketplace Solution
WC Vendors
Plugin ini sudah terinstall di 10.000+ website, namun sepertinya ratingnya tidak lebih baik dari 3 plugin yang kami sebutkan di atas.

YITH WooCommerce Multi Vendor

YITH WooCommerce Multi Vendor
Plugin Marketplace dari YITH, salah satu developer theme dan plugin yang populer, kami juga menggunakan salah satu plugin dan mereka untuk membuat wishlist. Namun sayangnya plugin marketplace dari YITH ini tidak sebagus plugin lain. YITH WooCommerce Multi Vendor hanya diinstal di 1000+ website, angka yang sangat jauh jika dibandingkan dengan Dokan atau WCFM. Ratingnya juga hanya mendapat bintang 4.


Silahkan pilih plugin yang menurut anda paling cocok, semua plugin yang kami di atas bisa diinstall secara gratis, namun untuk mengakses fitur tambahan tentunya harus membeli module tambahan atau membayar langganan premium.

Cara Install Plugin Marketplace

Pastikan anda sudah menginstall WordPress dan WooCommerce, jika belum, kami juga sudah membuat tutorialnya.

Install Plugin marketplace ini juga sama prosesnya seperti menginstall plugin yang lain, yaitu:
– Buka Dashboard WordPress (wp-admin)
– Buka Menu Plugin>AddNew
– Cari kaata “marketplace”
– Install plugin yang anda pilih