Cara Membuat Toko Online dengan CMS OpenCart

Pada tutorial ini kami akan menjelaskan proses pembuatan toko online dengan menggunakan CMS OpenCart, yaitu CMS atau script PHP yang khusus dibuat untuk membuat toko online.

OpenCart

OpenCart bisa diinstal dengan banyak cara; namun pada tutorial ini kami akan menggunakan cara termudah yaitu dengan menggunakan aplikasi SoftaCulous yang ada dalam cPanel. Dengan cara ini anda tidak perlu mengunduh file PHP OpenCart, membuat MySQL database dll, karena dibantu oleh Softaculous yang akan mempercepat proses instalasi ini.

Langkah-langkah membuat toko online dengan OpenCart

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, dari mulai membeli hosting sampai install OpenCart. Dimulai dari langkah pertama yaitu; membeli hosting dan domain.

1. Membeli Domain dan Hosting

Untuk membuat toko online berbasis OpenCart, kita memerlukan Domain dan hosting, apa itu domain dan hosting?

Domain

Nama Website agar dikenal di internet, contoh kiosta.com, google.co.id dll. Harganya bervariasi, ada yang 25 ribu, sampai jutaan rupiah, namun harga domain yang umum seperti .com (dot com), sekitar Rp. 135.000 sampai 175.000. Harga domain ini dibayar per tahun.

Hosting Unlimited Indonesia

Hosting/Web Hosting

Web Hosting adalah tempat menyimpan file, jadi kita tidak perlu menginstal OpenCart di komputer pribadi yang selalu terhubung ke internet. Tapi cukup menyewa layanan hosting, di sini kita bisa menyewa komputer server yang selalu terhubung ke internet, dengan harga yang relatif murah. Contoh di Niagahoster ada paket termurah yang hanya perlu membayar Rp. 10.000 per bulan. Jauh lebih murah dari pengeluaran bulanan anda dalam membeli kuota internet atau berlangganan ISP.
Cloud Hosting Indonesia

Login ke cPanel

Setelah membeli layanan hosting dan domain, kita akan diberikan akses untuk mengelola website yang bernama cPanel. Yaitu aplikasi untuk mengelola file dalam web-hosting, seperti layaknya control panel di komputer pribadi, ada banyak fungsi dalam aplikasi ini.
Kembali ke topik, setelah anda membeli layanan domain dan hosting, silahkan login ke cPanel hosting.

Caranya buka: domainanda.com/cpanel
Gunakan password dan username yang diberikan oleh pihak hosting.

Install Menggunakan SoftaCulous

Setelah login buka menu Softaculous App Installer, ini adalah aplikasi untuk menginstall berbagai script/CMS, jika tidak menggunakan ini, proses instalasi jadi lebih lama.
Inilah tampilan softaculous.
Softaculous
Cari opencart atau temukan di menu E-Commerce > Opencart

cari opencart

Selanjutnya akan terlihat seperti ini, klik tombol install.
install opencart

Isi data tentang toko online anda

Isi data

Catatan:
Jika anda ingin menginstall di domain utama (www.namadomain.com) maka kosongkan kolom “InDirectory”.

Setelah berhasil install, anda bisa mengelola administrasi opencart dengan cara membuka www.namadomain.com/admin/

Demikian panduan instalasi OpenCart via cPanel menggunakan Softaculous, untuk tutorial lainnya, silahkan gunakan fitur pencarian yang ada di KiostaCommerce.