Panduan Social Media Marketing Untuk Toko Online

Panduan Pemasaran melalui media sosial untuk pemasarkan toko online.

Panduan ini bukan tentang berjualan di sosial media, tapi lebih tepatnya adalah pemasaran menggunakan media sosial. Bukan pula tentang beriklan di sosial media, tapi bagaimana mendapat pembeli organik dari sosial media serta menjaga pelanggan yang ada di sosial media.

Social Media

Apa itu Social Media Marketing?

Social Media Marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan social media seperti: Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, Quora, Pinterest dan juga Forum.

Pengertian Social Media Marketing Menurut Para Ahli.

Pemasaran media sosial adalah tindakan membuat konten untuk mempromosikan bisnis dan produk anda di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Konten unik anda harus disesuaikan dengan platform spesifik tempat konten dibagikan untuk membantu anda meningkatkan konversi dan meningkatkan kesadaran merek. Hubspot[1].
Pemasaran media sosial adalah proses membuat konten yang telah anda sesuaikan dengan konteks setiap platform media sosial untuk mendorong keterlibatan dan berbagi pengguna. – Neil Patel[2]

Dari dua pengertian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa pemasaran melalui media sosial bukan sekedar menjual langsung seperti halnya tukang tahu bulat menawarkan produk. Tapi bagaimana agar membangun interaksi sosial di sebuah platform media sosial, atau terjadinya hubungan komunikasi antara pemilik toko dan calon pembeli.

Channel Social Media Marketing

Pada pembahasan sebelumnya tentang E-Commerce Marketing: Ilmu Pemasaran Untuk Toko Online disebutkan tentang marketing channel tapi tidak spesifik tentang social media marketing channel. Berikut channel social media marketing yang bisa kita gunakan untuk pemasaran berbasis sosial media.

Facebook

Ada banyak sekali yang bisa kita gunakan di Facebook, mulai dari Fanpage, Group sampai marketplace.
Namun saran kami pertama buatlah Fanspage untuk mewakili tokomu di Facebook.

YouTube

Perkenalkan produk yang anda jual dengan Video.

Instagram

Sosial media yang masih keluarga dengan Facebook ini bisa anda gunakan untuk memajang foto produk, atau posting foto yang berhubungan dengan produk untuk memancing interaksi orang lain.

Twitter

Twitter punya penggemar lolay, pastikan toko anda bisa disapa via Twitter juga

Quora

Yang menarik dari Quora adalah, kita bisa mendapat calon pembeli tertarget dengan menjawab pertanyaan yang sesuai. Selesaikan masalah orang dengan produk anda.

Forum

Meski sekarang Forum sepi, tapi bisa membuat konten sekaligus mendapat backlink, bagus buat SEO

Strategi Social Media Marketing

Ada beberapa strategi yang bisa kita gunakan untuk memasarkan toko online via social media, tak cukup asal posting, tapi harus disertai dengan strategi agar ini bisa berjalan dengan baik.

Bangun Interaksi

Seringlah posting, dan ajak orang lain berkomunikasi dengan brand anda di social media, jawab komentar atau bisa juga berkomentar di akun orang lain.

Make Shareable Content

Posting di social media tak semuanya tentang produk jualan, ingat posisi kita adalah marketer bukan sales.
Dengan menggunakan konten yang shareable (konten yang bisa dishare, atau mengundang orang lain untuk share) kita bisa dengan mudah memperkenalkan brand kita ke orang lain dengan energi yang relatif sedikit.

Sesekali Posting Produk

Kami tidak menganjurkan 100% posting produk, terutama di Facebook. Karena jika interaksi postnya sedikit, maka hanya sedikit saja orang yang akan melihatnya d timeline mereka.

Undang Orang Lain untuk Menjadi Follower

Baik di Facebook, Twitter, Instagram dll kita bisa mengundang orang lain untuk follow, atau bisa follow orang lain dulu agar orang tersebut follow back.

Referensi

1. Social Media Marketing – Hubspot Blog
2. What is Social Media Marketing – Neil Patel