Panduan Instagram Marketing untuk Toko Online

Panduan pemasaran online kali ini yaitu tentang Instagram Marketing atau Pemasaran melalui Social Media Instagram. Panduan ini adalah bagian dari Panduan Social Media Marketing Untuk Toko Online

Image

Panduan Instagram Marketing untuk Toko Online

Berikut panduan menggunakan instagram untuk memasarkan atau mempromosikan produk toko online, dimulai dari membuat akun atas nama toko.

Buat Akun Khusus Toko

Untuk memulai memasarkan toko online via Instagram idealnya dimulai dengan membuat akun khusus toko online (bukan atas nama pribadi). Setelah itu lengkapi profil instagram, isi dengan foto profil dan informasi toko di bio instagram.

Posting Dengan #Hastag

Selanjutnya posting promo atau produk dengan menyertakan #hastag, isi dengan beberapa hastag, maksimal hastag adalah 30, jika diisi lebih dari 30 maka komentar anda tidak akan terkirim.[1]

FYI: Hastag adalah kata dengan awalan #, hastag juga disebut dengan tagar dalam Bahasa Indonesia.

Mengapa Harus Menggunakan Hastag?

Ini berguna untuk mempermudah pencarian konten di Instagram. Pengguna instagram bisa mencari konten menggunakan @namaakun, Lokasi dan #hastag?

Dengan menggunakan hastag tentunya akan mempermudah pengguna Instagram lain untuk menemukan produk anda.

Lakukan Riset Hastag

Sama halnya seperti pada SEO, kita bisa melakukan Riset Keyword untuk melihat potensi Keyword mana yang sering dicari orang.

Untuk melakukan riset hastag instagram ini kita bisa menggunakan Tools atau peralatan teknis dari pihak ketiga seperti Keywordtool.io

Caranya:
1. Buka https://keywordtool.io/instagram

2. Pilih Bahasa Indonesia

3. Masukkan Keyword yang berhubungan dengan produk anda.

4. Selesai, silahkan gunakan sugesti hastag yang cocok dengan produk anda

Berikut penampakan tool riset hastag dari Keywordtool.io

Riset Hastag

Buat Link ke toko di Bio

Edit profil instagram toko anda dan beri link ke toko.

Dapatkan Follower Tertarget

Cara mendapat follower tertarget di instagram sebenarnya mudah, tapi butuh konsistensi dan kesabaran.

Cara termudahnya yaitu: Kita follow akun yang follow kompetitor atau akun yang follow akun instagram besar yang topiknya sama dengan kita.

Logikanya, pengguna aktif instagram akan mendapat notifikasi jika ada yang follow.

Jika dia tawarkan sesuatu yang dia suka, ada kemungkinan follow dan beli. Tapi jika dia tidak follow balik juga tidak masalah, setidaknya kita sudah memberitahu eksistensi toko kita ke orang yang tepat.

Tapi perlu diingat, jangan terlalu agresif dalam aktivitas follow, jika terlalu banyak bisa jadi disuspend oleh pihak Instagram.

Referensi

1. Bagaimana cara menambahkan tagar di Instagram