Facebook Marketing: Strategi Pemasaran Facebook untuk Toko Online

Panduan digital marketing kali ini yaitu tentang Facebook Maketing, khususnya menggunakan Facebook untuk memasarkan toko online. Meski banyak media sosial yang datang silih berganti, tetapi Facebook tetap punya banyak pelanggan setia.

Menjamurnya penjual online yang menggunakan Facebook Ads, menjadi bukti bahwa Facebook lebih diandalkan daripada media sosial yang lain terutama untuk beriklan.

Sepertinya tidak perlu dijelaskan apa itu Facebook, dan mengapa kita harus memasarkan via Facebook. Karena faktanya hampir semua pengguna internet kenal Facebook, dan pengguna loyalnya sangat banyak.

Facebook

Cara Memasarkan Toko Online via Facebook

Ada beberapa cara untuk memasarkan toko online menggunakan Facebook, tentunya ini tidak sama dengan memasarkan produk untuk penjualan satu produk saja, tapi bagaimana agar orang lain membeli produk sekaligus mengenal toko online kita, atatu bisa jadi membeli produk lain yang ada di toko kita.

Yang perlu diingat adalah:
– Ini adalah panduan untuk memasarkan toko online
– Kita memasarkan banyak produk di satu toko
– Kita bukan sekedar menjual satu barang seperti pada FJB Facebook pada umumnya
– Panduan ini bukan untuk yang sedang mencari ilmu menjual satu produk via Facebook

Pemasaran Konten via Facebook Fan Page

Idealnya, pemasaran toko online di Facebook itu menggunakan Fan Page atau Halaman Facebook (bukan menggunakan akun atas nama pribadi).

Inilah contoh Facebook Fan Page.

Kebanyakan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dll juga memiliki halaman resmi di Facebook. Dengan halaman inilah mereka berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Coming Up Next: 3 Cara Menambah Like Fan Page Tanpa Iklan Berbayar

Penawaran Langsung via Facebook Marketplace

Facebook Marketplace

Seperti orang lain umumnya yang melakukan jua beli via Facebook, yang paling mudah adalah menggunakan Facebook Marketplace.

Di pasar jual beli kita bisa menawarkan produk, sekaligus menawarkan toko online kita di sini.

Social Media Marketing via Group

Facebook adalah tempat berinteraksi banyak orang, bukan tempat jualan seperti halnya marketplace.

Maka bersosial adalah cara yang tepat untuk memperkenalkan diri dan agar semakin dikenal oleh pengguna Facebook yang lain.

Kita bisa bergabung di suatu Group sebagai Fan Page untuk berkomunikasi dengan komunitas yang sesuai dengan ceruk pasar produk yang kita jual.