Panduan SEO Untuk Toko Online

Jika anda mempunyai toko online dengan website sendiri, maka anda wajib mempelajari dan menerapkan ilmu SEO untuk meningkatkan jumlah calon pembeli secara gratis, ada banyak sekali keuntungan jika anda mempelajari dan menggunakan ilmu SEO untuk toko online anda.

Search Engine

Apa itu SEO

SEO adalah istilah dari Bahasa Inggris, singkatan dari Search Engine Optimization, jika diterjemahkan menjadi Optimisasi Mesin Pencari, atau kebanyakan orang menyebutnya Optimasi Mesin Pencari. Yaitu suatu upaya mengoptimalkan toko online kita di Search Engine atau Mesin Pencari, dan Search Engine yang dimaksud contohnya seperti: Google, Bing, Duckduckgo dll. Jadi dengan menerapkan ilmu SEO, kita meningkatkan pengunjung toko online dengan cara berusaha untuk mudah dicari di Search Engine untuk kata kunci yang kita inginkan.

Keuntungan SEO untuk Meningkatkan Toko Online

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika strategi SEO kita telah berhasil, diantaranya:

Mendapat Calon Pembeli Secara Gratis

Umumnya kita tidak perlu mengeluarkan uang seperti layaknya menggunakan jasa Iklan Berbayar. Dengan SEO, orang lain yang tertarik akan mencari lewat Google, dan jika orang tersebut mampir ke toko online anda, berarti ada calon pembeli yang sedang melihat-lihat produk anda.

Pengunjung Tertarget

Menjual produk itu relatif lebih mudah jika orang yang melihat produk kita benar-benar berminat kepada produk kita, apalagi jika orang tersebut yang mencari produk.

Contoh: Jika orang menulis kata: “harga sepatu nike” “jual sepatu nike”, pastilah dia ingin membeli sepatu nike.
Tentu berbeda jika kita menawarkan sepatu nike via Facebook, belum tentu pembaca post kita tertarik ke sepatu nike.

Gratis

Ilmu SEO itu gratis, mempraktekkannya pun gratis, cuma butuh waktu dan effort saja, juga hasilnya tidak instan. Bisa memakan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, hal itu sangat wajar mengingat di Google pasti banyak saingan atau kompetitor, dan masing-masing pihak berusaha untuk menang.


Search Engine Optimization ini sifatnya jangka panjang, butuh waktu lama dan pemahaman yang cukup untuk menerapkannya.
Untuk lebih mudah memahami cara kerja SEO, mari kita lanjutkan ke topik yang lebih spesifik.

Jika dirasa sudah paham dengan istilah di atas, kita bisa langsung skip ke langkah SEO praktis.

Reserved for Update

Panduan ini kurang lengkap dan harus diupdate, sengaja kami post lebih awal sebelum artikel selesai agar pengurutan artikel ini jelas.
Tutorial dan panduan ini akan terus kami usahakan update mengikuti permintaan pengunjung kami yang kami rekam dengan fitur pencarian.