Panduan SEO untuk Halaman Produk Toko Online

Panduan praktis optimasi SEO untuk halaman produk, ini adalah hal paling penting dalam toko online namun kebanyakan praktisi toko online pemula justru melupakannya.

Dengan menerapkan ilmu SEO untuk halaman produk, kita berpotensi mendapatkan banyak sekali trafik, semakin banyak produk yang kita jual, maka semakin banyak pula peluang calon pembeli masuk. Sebaliknya jika anda mengabaikan langkah ini, bisa jadi anda kehilangan banyak sekali potensi calon pembeli.

Add to Cart

Panduan ini banyak menggunakan istilah SEO, jika ada istilah yang belum jelas, silahkan baca Kamus Istilah SEO

Panduan SEO Produk Toko Online

Panduan ini akan menggunakan e-commerce marketplace populer sebagai bahan belajar langsung, yang sudah terbukti keberhasilannya.

Jangan buru-buru berfikir tentang backlink, apalagi PBN dll, ini panduan SEO fundamental, tapi jika tidak diterapkan, maka optimasi selanjutnya akan menjadi sia-sia, berikut panduan Search Engine Optimization khusus untuk produk olshop.

Gunakan Buying Keyword

Ini adalah ilmu SEO khusus yang hanya bisa diterapkan pada situs e-commerce, untuk artikel blog, berita atau jenis yang lainnya, anda tidak perlu menerapkan ini.

Apa itu Buying Keyword?

Buying keyword adalah kata kunci yang sering digunakan orang untuk membeli. Untuk pasar Indonesia dan luar negeri, buying keywordnya jelas berbeda.

Contoh: Jika orang ingin membeli iPhone, maka dia akan menulis “jual iphone, harga iphone, atau beli iphone”.

Tiga contoh keyword tersebut itulah yang disebut buying keyword.

List Buying Keyword

Inilah keyword yang sering diketik oleh pengunjung Google untuk membeli produk.

Preffix: Jual, Beli, Harga
Suffix: Ori, Original, Murah, Grosir, [nama kota]

Contoh jika produk anda adalah Celana Dalam, maka buying keywordnya adalah:
– Jual Celana Dalam
– Jual Celana Dalam Murah
– Jual Celana Dalam Malang

Setiap produk tentunya berbeda, untuk mengujinya silahkan lakukan Riset Keyword untuk produk anda.

Masukkan Buying Keyword ini di Meta Tag

Setelah anda menemukan kombinasi keyword yang cocok dari hasil riset, selanjutnya masukkan detail meta tag dan meta description ini ke produk anda, berikut contoh penerapannya.

Meta tag produk seo

Contoh Penggunaan di dunia nyata

Silahkan cari kata jual celana dalam di Google. Semua marketplace lokal menggunakan buying keyword ini, tapi setelah dibuka, tidak ada kata [Jual] di halaman webnya, berikut contoh hasil Lazada dan Tokopedia.
lazada tokopedia

Gunakan Buying Keyword di Halaman Kategori

Gunakan juga keyword ini di halaman kategori produk, gunakan variasi yang berbeda dengan produk. Ini bertujuan agar kategori produk juga bisa memenangkan persaingan di SERP.

Gunakan Fitur Related Product

Salah satu faktor SEO terutama SEO Onpage adalah adanya internal link, atau halaman web yang memberikan link ke halaman yang lain.

Dalam toko online, kita bisa membangun internal link dengan cara menambahkan Related Product atau Produk Terkait. Selain bagus untuk SEO, cara ini juga bisa memberi pilihan lain agar orang membeli produk lebih dari satu dalam sekali order.