Cara Riset Keyword Toko Online

Setelah mengenal Ilmu Dasar SEO, maka selanjutnya yang bisa dipelajari yaitu Cara Riset Keyword Toko Online, dengan melakukan riset keyword, kita bisa berpeluang mendapat pengunjung lebih baik jika memenangkan keyword yang tepat.

Panduan ini banyak menggunakan istilah SEO, jika ada istilah yang masih asing bagi anda, silahkan baca Kamus Istilah SEO – Istilah Umum dan Artinya

Search

Apa Itu Riset Keyword?

Riset kata kunci adalah praktik pengoptimalan mesin pencari yang digunakan para profesional untuk menemukan dan meneliti istilah pencarian yang dimasukkan pengguna ke mesin pencari saat mencari produk, layanan, atau informasi umum.[1]

Mengapa Harus Riset Keyword

Seperti halnya berjualan di dunia nyata, pedagang pasti lebih memilih tempat yang ramai daripada yang sepi.
Jualan di dekat jalan utama tentunya potensi lebih banyak daripada berjualan di tengah sawah.
Hal itu juga berlaku di Google, untuk berjualan di Google kita harus tahu apa yang biasa ditulih orang untuk mencari produk, terlebih jika kita tahu jumlah rata-rata pencarian kata kunci tersebut tiap bulannya.

Mendatangkan Trafik Ke Web Utama/toko

Dengan melakukan riset keyword dalam menentukan judul dan deskripsi website, kita berpotensi mendapat calon pembeli tertarget yang memang sedang mencari toko seperti toko kita.

Contoh: Jika toko kita adalah toko peralatan dapur, kita bisa mengarahkan orang yang sedang mencari peralatan dapur tersebut ke toko kita.
Baca Panduannya di sini: Panduan SEO Untuk Homepage Toko Online

Mendatangkan Trafik untuk halaman Produk

Dengan melakukan riset keyword untuk level produk, kita bisa mencari keyword yang cocok digunakan untuk target tertentu, misalnya saat mencari produk yang spesifik.

Misalnya jika orang bukan lagi mencari toko peralatan dapur tapi langsung ke spesifik produk, misalnya orang tersebut mencari Panci, kita bisa gunakan riset keyword untuk menentukan bagaimana orang lain mencari panci.

Simak panduannya di sini Panduan SEO untuk Halaman Produk Toko Online

Mencari Kata Kunci untuk membuat campaign inbound marketing

Ini bagian yang lebih sering membutuhkan riset keyword, dengan ini kita bisa mencari peluang keyword yang berhubungan dengan toko ataupun produk namun tidak secara langsung.

Strategi Inbound Marketing ini sangat menarik, karena persaingan relatif lebih rendah.

Alasannya karena toko peralatan dapur sangat banyak, yang menjual panci juga banyak, semuanya berlomba untuk memperebutkan halaman satu Google.

Dengan inbound marketing yang dikombinasikan dengan konten marketing dan SEO, kita bisa mengejar keyword yang secara tidak langsung mengarah ke produk, tapi bisa mengarahkan calon pembeli.

Baca panduannya: Strategi Inbound Marketing dengan SEO dan Content Marketing

Alat Untuk Riset Keyword

Kembali ke topik tentang riset keyword, untuk melakukan ini kita membutuhkan peralatan atau Tool SEO.
Yang bisa kita gunakan adalah tool riset keyword, yang sering digunakan adalah alat ini.

– Google Keyword Planner
– Keywordshitter
– Keywordtool.io
– Ubersuggest
– Google Suggestion
– Keyword Everywhere (Google Chrome Add-on)

Cara Riset Keyword

Cara termudah kita bisa gunakan Ubersuggest atau Keywordtool.io, kita coba dengan keywordtool.io.
1. Buka keywordtool.io
2. Masukkan kata kunci lalu piilih targetnya menjadi Indonesia

Contoh: kami memasukkan kata kunci jual peralatan dapur, dari sini kita bisa lihat bahwa banyak yang menulis kata “jual peralatan dapur lengkap”, “jual peralatan dapur murah”. Dua keyword ini bisa kita gunakan untuk menulis judul dan deskripsi halaman depan toko online.

Peralatan dapur

Selanjutnya kami memasukkan kata kunci “jual panci”.
Panci

Dari data di atas, kita juga bisa menentukan produk apa yang banyak dicari orang, dan kita bisa menjualnya. Namun tentu saja banyak persaingannya, untuk melihat bagaimana persaingannya, silahkan cek di google masing-masing keyword ini.

Selanjutnya kita bisa coba riset sederhana untuk campaign content marketing. Dengan memasukkan keyword seputar produk.

Pada contoh kali ini kita memasukkan keyword “rekomendasi panci”.
rekomendasi panci

Setelah mendapat keyword rekomendasi panci, kita bisa membuat konten lalu dalam konten ini kita selipkan produk yang kita jual.

Referensi

1 Keyword Research – WikiPedia