Ilmu Dasar SEO yang Wajib Diketahui untuk Toko Online

Jika anda baru mengenal SEO, ada baiknya mengenal hal dasar atau fundamental tentang SEO atau Search Engine Optimization. Artikel ini merupakan lanjutan dari seri pertama yaitu SEO Untuk Toko Online – Optimalkan Toko di Pencarian Google

Search Engine

Ilmu Dasar SEO

Banyak di luar sana (Blogger Indonesia) yang menulis tutorial tentang SEO, namun lebih banyak diantara mereka yang isinya lebih banyak tentang “memanfaatkan celah” atau dalam dunia game mungkin semacam “cheat” atau “hack”.
Hal itu mungkin bisa bekerja, tapi hanya untuk sementara waktu, untuk target jangka panjang itu justru akan merugikan.
Contoh memanfaatkan celah yang kami maksud itu seperti: Spam Backlink, Backlink PBN, hanya menghitung jumlah kata tanpa mempertimbangkan kualitas.

So, biar tidak kejauhan, mari kita pelajari dasar pemahaman Search Engine Optimization atau SEO.

Optimalkan Judul dan Deskripsi di Pencarian

Ini adalah hal dasar yang paling penting, namun sering dilupakan oleh praktisi toko online.
Dengan SEO, kita mengatur tampilan yang ada di pencarian Google, tujuannya agar pengunjung Google bisa dengan mudah memilih hasil pencarian sesuai dengan apa yang dicarinya.

kiosta serp

Contoh di atas adalah hasil pencarian untuk kiosta.com, judul dan deskripsi di atas tidak ada yang sama persis dalam web kami.

Hal ini karena kita mengatur Meta Title (Judul) dan Meta Description (Deskripsi) yang unik untuk ditampilkan di mesin pencari seperti Google.

Jika kami tidak menerapkan ilmu SEO, mungkin judulnya cuma “Kiosta Commerce” saja, dan deskripsinya kalimat random dari salah satu paragraf. Hal itu tentu tidak baik, karena kami ingin ditemukan oleh orang yang mencari kata kunci “Theme Toko Online Indonesia”.

Bayangkan jika anda mempunyai toko online yang sudah dimaksimalkan aspek SEO yang lain, tapi ternyata judul dan deskripsinya tidak dioptimalkan, tentu usahanya menjadi sia-sia.

Q: Adakah toko online yang tidak menerapkan SEO pada level terrendah ini?

Ada, dan banyak sekali, dan umumnya toko seperti ini tidak bertahan lebih dari satu tahun. Kami sering menemukannya di Group yang saling berbagi tentang toko online mereka.


Lakukan Riset Kata Kunci

Kata Kunci atau Keyword adalah kata yang ditulis atau diketik di Search Engine seperti Google.

Kita bisa menggunakan kata kunci ini untuk mencari pelanggan yang sesuai, baik yang mencari toko ataupun yang mencari produk.

Kabar baiknya, kita bisa memanfaatkan Google untuk menemukan kata apa saja yang biasa ditulis oleh pengguna Google.

Contoh jika kita mengetik kata helm bogo di Google, maka akan terlihat orang juga menelusuri:
Helm bogo

Kata kunci di atas bisa kita gunakan untuk menulis judul, deskripsi dan tentu saja tulisan di dalam toko online kita, dengan harapan calon pembeli yang mengetikkan kata kunci tersebut bisa menemukan toko online kita.

Ingat ini adalah dasar ilmu tentang kata kunci, untuk ilmu tingkat lanjut silahkan baca Panduan Riset Keyword untuk Toko Online

Tampilkan Informasi Detail mengandung kata kunci

Selain meletakkan kata kunci di meta title dan meta description, pada halaman web juga harus berisi kata kunci, tentunya disertai informasi detail. Jika kita menjual produk, maka tampilkan informasi produk sedetail mungkin. Kata kunci ini juga tak harus sama persis, justru sebaiknya ada variasi yang berbeda, karena bisa saja orang akan mengetik kata kunci yang berbeda untuk mencari produk yang sama.

Bangun Internal Link

Toko online yang baik pasti menggunakan struktur web yang baik pula, diantaranya dengan membangun struktur internal link yang baik, yaitu setiap halaman terhubung, dan tidak ada satu halaman pun yang tidak punya link masuk.

Contoh: Pada artikel ini ada link keluar menuju artikel lain, dari artikel lain pula link yang mengarah ke artikel ini.

Untuk membangun link antar produk, kita bisa gunakan fitur Related Product atau Upsell Product. [reserved for update]

Daftarkan ke Search Engine

Jika dirasa sudah siap, silahkan daftarkan website ke Search Engine.

Untuk Google caranya via Google Search Console sedangkan untuk Bing bisa menggunakan Bing Webmaster Tool.

Google Search Console

Search engine yang lain sepertinya menggunakan data dari salah satu Search Engine ini, jadi sepertinya tidak perlu.

Proses pendaftarannya yaitu:

1. Daftar/Login ke Search Console / Bing Webmaster Tool
2. Lakukan Verifikasi kepemilikan
3. Submit Sitemap

Sebisa Mungkin Hilangkan Error

Dalam prakteknya, bisa saja terjadi kesalahan yang akan menghambat toko online kita untuk bersaing di pencarian Google, diantaranya:

– Error 404 (broken link)
– Deskripsi/judul terlalu pendek
– Duplicate content (Konten duplikat atau hampir sama dengan yang lain)

Hal ini bisa diminimalisir dengan membaca laporan yang ada di Google Search Console yang sudah kami sebutkan di atas.

SEO Itu Butuh Waktu

Jika toko online anda masih dalam hitungan bulan, atau bahkan hari tapi masih belum mendapat pengunjung dari Google, jangan berkecil hati karena untuk menang di Search Engine itu butuh waktu.

Sadar Akan Kompetitor

Mengejar halaman satu itu tidaklah mudah, apalagi untuk pemula, belum lagi untuk mengejar posisi 1 di hasil pencarian. Tentunya tidaklah mudah, selain butuh ilmu dan praktek, faktanya yang mengejar posisi terbaik ini pastinya banyak sekali, bukan cuma satu dua tapi bisa jadi ratusan yang mengejar. Dan mereka ingin mengejar pembeli yang sama untuk produk yang sama.