Cara Meningkatkan Kepercayaan Pada Toko Online

Kepercayaan Pada Toko Online akan mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan, apakah dia akan beli atau tidak.
Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk membangun reputasi toko agar calon pembeli tanpa ragu melakukan order pada online shop kita.

Kepercayaan Pada Toko Online

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pada Toko Online

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan toko online, inilah cara umum meningkatkan kepercayaan toko online.

Gunakan SSL

Cara pertama pastikan website toko online anda menggunakan Secure Socket Layer atau yang juga disingkat SSL.
Dengan protokol SSL ini, website anda bisa diakses dengan awalan https.

Dengan adanya SSL, komunikasi akan diencrypt (dibuat sandi tertentu), agar hanya bisa dibaca oleh penerima data yang seharusnya, atau dengan kata lain data tidak bisa disadap atau diintip oleh orang lain.

Seperti pada berita di Kompas beberapa tahun lalu, bahwa Browser Chrome Tandai Situs HTTP sebagai “Tidak Aman”.
Bukan hanya Google Chrome tapi browser yang lain juga, jika kita membuka website dengan awalan http:// maka akan tertulis Tidak Aman.

Kompas HTTP

Meski maksudnya yang tidak aman adalah koneksinya, namun bisa jadi calon pembeli berpikir bahwa yang tidak aman adalah transaksinya atau tokonya yang terindikasi penipuan.

Tahu sendiri masyarakat +62 sebagian besar minat baca rendah, dan bisa salah persepsi. Kita sendiri tidak bisa mengedukasi sebagian besar orang, dan sudut pandang orang tersebut.
Yang kita bisa lakukan adalah langkah antisipasi, jika ada yang salah persepsi sedemikian.

Penggunaan SSL juga bisa untuk mengindari iklan intrusive ads yang biasa muncul pada jaringan operator seluler atau jaringan internet lain yang ada di Indonesia.

Intrusive Ads

Gambar di atas adalah contoh Intrusive Ads[1], mengganggu pengguna sekaligus berpotensi kehilangan pelanggan.

Bayangkan jika anda sudah menerapkan ilmu SEO untuk Toko Online dan produk anda sudah masuk di pencarian Google, namun setelah dibuka ternyata justru membuka iklan dari jaringan internet, mengecewakan bukan?

Maka dari itu penggunaan SSL sangat penting untuk menambah tingkat kepercayaan sekaligus mencegah potensi calon pembeli kabur karena iklan jaringan internet.

Cara Mendapatkan SSL

Ada 3 cara untuk mendapatkan SSL untuk toko online anda, yaitu:

Gunakan SSL Gratis Lets Encrypt

Lets Encrypt memberikan SSL gratis yang berlaku 3 bulan, dan setiap tiga bulan anda bisa memperbaharuinya.

Untuk mendapatkannya anda bisa menuju website resmi Lets Ecrypt, namun jika anda tidak memiliki skill teknis untuk menginstal sertifikat SSL, saran kami gunakan layanan Hosting yang sudah tersedia SSL gratis dari Lets Encrypt ini, kelebihannya anda tidak perlu mengkonfigurasi secara manual, updatenya pun secara otomatis.

Kami sendiri menggunakan layanan hosting yang menggunakan SSL ini yaitu HawkHost[ref], namun ini pembayarannya menggunakan mata uang dollar, jika anda tidak mempunyai alat pembayaran luar negeri seperti PayPal atau Credit Card, anda bisa menggunakan hosting lokal seperti NiagaHoster[ref].

Gunakan SSL Gratis dari CloudFlare

Jika server webhosting anda tidak memberikan sertifikat SSL gratis, anda bisa menggunakan layanan CloudFlare.

Beli SSL Berbayar

Jika punya budget untuk membeli SSL, lebih baik beli saja karena yang berbayar seharusya lebih baik daripada yang gratis. Harga SSL ini bervariasi, mulai dari seharga 100 ribuan per tahun sampai puluhan juta untuk SSL EV (Extended Validation).

Tampilkan Ulasan / Testimonial

Aktifkan fitur ulasan atau testimoni pada platform toko online anda. Review ini juga bisa jadi pertimbangaAmann oleh calon pembeli sebelum memutuskan akan membeli atau tidak.

Gunakan Trust Badge

Istilah Trust Badge mungkin asing bagi sebagian orang, trust badge yang kami maksud adalah lambang simbol kepercayaan yang bisa dipasang di website toko online.

Contoh Trustbadge:

trustbadge

Trust Bade bisa jadi berbeda tiap toko, disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya bisa ditambahkan logo SSL Secure atau agregasi review dari situs review Independen seperti Trustpilot Review Badge.

Gunakan Harga Wajar

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan harga murah untuk barang yang diinginkannya, tapi jika harga tidak wajar justru orang menjadi tidak yakin.

Harga yang terlalu mahal membuat orang mencari toko yang lain, sedangkan harga terlalu murah membuat orang justru skeptis alias meragukan kredibilitas toko.

Jika ingin memberikan harga yang lebih murah, pastikan menggunakan harga diskon.

Contoh:

Harga Pasar Umum = Rp 95.000 s/d 100.000,-
Harga Modal = Rp 60.000,-
Harga Jual Anda = 90.000,-

Meski dijual di 90.000 atau di bawahnya pun sudah untung, namun justru meragukan, maka lebih baik tetap pakai harga umum tapi dengan diskon menjadi seperti ini

Harga = Rp 100.000 Rp. 90.000,-

Gunakan Sistem Pembayaran

Kepercayaan toko online juga bisa diraih dengan menggunakan sistem pembayaran otomatis atau Payment Gateway.

Dengan payment gateway, cara membayar di toko anda bisa lebih variatif, seperti:

Transfer Virtual Account

Seperti jika anda membeli Theme Toko Online di Kiosta dan memilih menggunakan pembayaran via Virtual Account, maka nama rekening penerima adalah nama KIOSTA, bukan nama orang pribadi.

Bayar Tunai via MinimarkHelpCenteret

Tidak semua orang memiliki nomor rekening atau kartu debit ATM, dengan adanya pembayaran minimarket, ini bisa memudahkan calon pembeli sekaligus menambah kepercayaan karena terlihat lebih profesional.

Bayar Scan QR Code

Ini juga bisa menambah kepercayaan pada toko online dengan terlihat lebih profesional seperti halnya pembayaran via Minimarket.

Pembayaran via QR Code bisa dibayar dengan Gopay, OVO, LinkAja, Dana, ShopeePay, BCA Mobile dll, tentunya lebih profesional bukan.

Buat Campaign Content Marketing

Content Marketing ini kami bahas secara khusus pada topik yang berbeda karena langkah-langkahnya cukup panjang.

Untuk menerapkan ini pastikan anda mempelajari: Panduan Content Marketing Toko Online

Kita bisa membuat content yang bertujuan untuk membangun kepercayaan, yaitu dengan cara membuat konten yang berisi bukti mengapa toko kita memang terpercaya.

Alurnya begini:

Setelah mengunjungi website toko online kita, tidak semua orang langsung yakin, beberapa diantaranya tabayyun dulu alias cari tahu kredibilitas toko online yang dikunjunginya.

Biasanya orang akan mengetikkan nama ini di Google.

– Nama toko Penipu
– Nama toko terpercaya
– Nama toko aman
– Penipuan Nama Toko
– Pengalaman belanja di Nama Toko
– Review Nama Toko
– Apakah Nama Toko Terpercaya

Dari kemungkinan potensi pencarian di atas, kita bisa membuat konten untuk menjawab pertanyaan yang mengandung keraguan tersebut.

Untuk menulis kontennya kita bisa menggunakan Blog atau HelpCenter, untuk menjawab keraguan calon pembeli, berilah bukti yang nyata bahwa anda terpercaya, misalnya pajang testimonial, bukti pengiriman barang atau hal lainnya yang sekiranya membuat orang yakin.

Gunakan Live Chat / Virtual Assistant

Sebagian pembeli ada yang melalukan chat dulu sebelum membeli untuk memastikan penjualnya aktif atau tidak.

Jika anda selalu online atau punya CS yang siap selalu online, anda bisa menggunakan fitur live Chat untuk meyakinkan calon pembeli yang ragu.
Panduan Content Marketing Toko Online
Namun live chat kadang tidak bisa full 24 jam, alternatifnya bisa gunakan Virtual Assistant, namun untuk membuat hal ini tidaklah mudah.

Masalahnya kita jualan menghadapi generasi milenial yang dituntut untuk selalu fast respon dan mengesampingkan adab.

Banyak kasus dimana, kita menjawab pesan telat 1 menit dianggap slow response.

Atau calon pembeli mengirim pesan pada jam 2 malam dan dituntut menjawab pada jam 2 malam pula, bahkan tak jarang ada orang melakukan pembelian jam 1 malam dan meminta nomor resi pengiriman pada saat itu juga.

Dan virtual assistant bisa jadi solusi saat di luar jam kerja, dan live chat tetap bisa bekerja pada jam kerja.

Berkomunikasi di Berbagai Platform

Kepercayaan akan lebih mudah dibangun jika sudah saling mengenal, ini berlaku baik di toko offline maupun toko online.

Untuk toko online kita bisa menggunakan platform Social Media seperti Facebook, Instagram, Quora atau Forum untuk berinteraksi dengan warga dunia maya.

Layani Pembeli dengan Baik

Ini yang paling penting, karena kepercayaan itu nilainya tinggi dan dibangun dengan waktu yang lama untuk jangka waktu yang lama pula.

Pelayanan yang baik akan memberi kesan baik yang bisa jadi dibagikan kepada teman atau komunitas pembeli, namun sekalinya rusak, maka bisa jadi rusaklah reputasinya.

Referensi

1. Ogi Wicaksana on Twitter