Kelebihan dan Kekurangan WooCommerce



Sebelum memulai toko online berbasis WooCommerce, ada baiknya kita mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Tentunya agar kita bisa menyikapi kekurangan, serta memaksimalkan kelebihannya.
Langsung saja, kita mulai dengan kekurangan.

Kekurangan WooCommerce

Berikut beberapa kekurangan WooCommerce beserta solusinya.

Perlu Konfigurasi

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, untuk membuat toko online berbasis WooCommerce. Ada tahapan-tahapan yang harus kita lalui, seperti:
– Membeli domain dan hosting
– Selanjutnya install WordPress
– Lalu Install Plugin WooCommerce
Sampai pada tahap itu pun, masih ada beberapa opsi untuk sistem pembayaran, ongkos kirim, dll.
Namun, untuk menutup kekurangan ini, kami sudah menyiapkan solusinya yaitu Panduan WooCommerce dari basic sampai Advanced.
Panduan WooCommerce

Perlu Plugin Tambahan

Seperti pada poin sebelumnya, masih ada beberapa fitur yang kurang jika kita hanya menginstall WordPress+WooCommerce. Payment Gateway, Fitur Ongkos Kirim dll, harus menggunakan plugin tambahan.

Kelebihan WooCommerce

WooCommerce telah terbukti merajai marketshare e-commerce platform, tentunya karena ada banyak kelebihan, baik dari sisi fitur maupun harga, kelebihannya antara lain:

Gratis, dan Open Source

WooCommerce itu gratis, sama seperti WordPress. Siapapun boleh mendownload, install atau bahkan mengedit dan menambahkan fitur baru.

Dukungan resmi WordPress

Developer WooCommerce adalah yang juga membuat WordPress, jadi selalu compatible.

User Friendly

Bisa ngeblog pakai WordPress = Bisa mengelola toko WooCommerce.

Fitur Inti Lengkap

Adanya sistem manajemen produk, statistik order, dll. Cukup untuk kebutuhan toko pada umumnya.

Extensible

Bebas menambahkan fitur apa saja, dengan dukungan Plugin dan theme WordPress. Ada ribuan plugin yang bisa anda pilih, dan terapkan ke toko anda. Theme juga ada banyak sekali jumlahnya, dari kami pun ada theme khusus untuk WooCommerce.
Download Theme WooCommerce Indonesia

Cocok untuk Pasar Indonesia

Banyak sekali plugin pendukung untuk pasar Indonesia, seperti ongkos kirim, sistem pembayaran, dll. Dan itu belum tentu ada untuk platform lain.

Kesimpulan, lebih banyak kelebihannya daripada kekurangannya. Untuk mempelajarinya anda juga tidak perlu langsung membeli hosting dan domain, WooCommerce bisa kita install di komputer menggunakan XAMPP. Tutorial kami sudah sediakan secara gratis, jika sudah yakin, selanjutnya bisa membeli hosting dan domain dan mengelola toko anda secara Live.

Theme Toko Online WooCommerce

KIOSTA adalah pengembang theme toko online dengan WordPress+WooCommerce.

Kami membuat theme berdasarkan ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan saat berjualan online dengan WordPress dan WooCommerce.
Tips, tutorial dan panduan lainnya juga kami sajikan agar semuanya bisa belajar mengelola toko online.