7 Alasan Mengapa Memilih WooCommerce



Ada banyak sekali platform toko online yang bisa kita pilih, seperti: Shopify, BigCommerce, magento, PrestaShop, OpenCart, dan tentu saja WooCommerce.

Ada beberapa alasan yang membuat kami menggunakan WooCommerce, sampai membuat theme khusus WooCommerce(lihat daftar theme).
Dan ternyata bukan hanya kami, faktanya WooCommerce mendominasi marketshare e-commerce platform di tahun 2020. Berikut data statistik pengguna platform ecommerce april 2020 dari Statista, https://www.statista.com/statistics/710207/worldwide-ecommerce-platforms-market-share/

WooCommerce Marketshare
WooCommerce market share

Itu berdasarkan data global, kalau hanya untuk pasar Indonesia, bisa jadi marketsharenya jauh lebih banyak. Seperti yang kita tahu, beberapa platform seperti squarespace dan MonsterCommerce justru asing dan jarang yang menggunakannya untuk pasar Indonesia.

Alasan Memilih WooCommerce untuk Platform Toko Online

Kembali ke pokok bahasan, mengapa banyak orang termasuk kami, dan bisa jadi anda memilih WooCommerce, kalau ini pendapat kami sebagai praktisi e-commerce:

Gratis

Tidak perlu biaya untuk mempelajari WooCommerce, bahkan kita bisa menginstall WordPress pada komputer pribadi menggunakan XAMPP.

User Friendly

WooCommerce sangat mudah dipelajari, terutama bagi pelaku bisnis online yang sebelumnya adalah seorang blogger. Jika sudah familiar dengan WordPress, maka akan sangat mudah dalam mengoperasikan WooCommerce.

Extensible

Seperti yang kita tahu bahwa WordPress memang CMS gratis, tapi terdapat banyak sekali theme dan plugin, dari yang gratis sampai yang berbayar. Selain bisa menambah fitur WordPress, juga bisa untuk memperkaya fitur untuk WooCommerce.

Cocok Untuk Pasar Indonesia

Untuk pasar Indonesia kita membutuhkan platform yang bisa mencukupi kebutuhan pasar Indonesia. Meski pada pasar luar negeri populer, tapi belum tentu untuk pasar Indonesia.
Alasannya bisa jadi masalah teknis, seperti: Fitur ongkos kirim kurir Indonesia, payment gateway, pembayaran Bank Indonesia dll.
Semuanya hampir tersedia untuk WooCommerce, tapi untuk platform lain belum tentu.

Baca Juga: Pembayaran Otomatis dengan Payment Gateway

Resmi dari WordPress

WooCommerce dan WordPress developernya sama yaitu Automattic, jadi mendapat dukungan penuh dari developer resminya.
Platform E-commerce di WordPress ada banyak, seperti: Easy Digital Download, WP E-Commerce, WP Easycart, dll. Juga ada fitur e-commerce yang tertanam di dalam themenya, contoh theme Lapak Instan.

Masalahnya, kebanyakan plugin ongkos kirim, payment gateway Indonesia untuk WordPress, hanya tersedia untuk WooCommerce.

Belum lagi masalah compatibility dengan WordPress.

Faktanya: Dulu ada developer theme Indonesia yang sangat populer, namun kini sudah tutup. Membuat theme dengan fungsi custom, tapi sejak update WordPress+Guttenberg, banyak fungsi yang error, dan akhirnya penggunanya pindah platform ke WooCommerce.

Search Engine Friendly

Dari tahun 2006, kami telah mencoba berbagai macam platform, dari mulai Limbo CMS, Mambo, Joomla, Blogger, MyBB dll. Meski dengan pengaturan SEO yang sama, entah mengapa hasilnya lebih mudah jika menggunakan WordPress.
Disclaimer: Ini tidak bisa menjadi acuan ilmiah, tapi sebagai praktisi, ini adalah pengalaman kami, hasil mungkin berbeda pada setiap orang

Akses Penuh

Berbeda dengan Shopify, yang kita bisa pakai tanpa harus mengurus hal teknis. Pada WooCommerce kita punya akses penuh, bisa mengakses semua file, bahkan bisa pindah server sesuai dengan budget kita.

Theme Toko Online WooCommerce

KIOSTA adalah pengembang theme toko online dengan WordPress+WooCommerce.

Kami membuat theme berdasarkan ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan saat berjualan online dengan WordPress dan WooCommerce.
Tips, tutorial dan panduan lainnya juga kami sajikan agar semuanya bisa belajar mengelola toko online.